sumber gambar : Pixabay

Kalau introver itu sedikit bicara, itu bukan berarti dia gak bisa bicara. Dia hanya tak ingin kata-kata dari mulutnya menyakiti seseorang. Mereka tidak seperti Anda kebanyakan, mengatakan sesuatu kadang tanpa berpikir. Bahkan ketika seseorang jelas-jelas sudah sakit hati dan menunjukkan ketidaksukaan, Anda sekalian masih bisa menertawakan kemalangannya dan menganggap proses menyakiti hati itu sebagai hal yang wajar.

Ketika introver muncul di hadapan Anda, mereka bukannya tengah melakukan hal yang remeh. Mereka sesungguhnya telah menyeberangi lautan yang dalam lagi kelam. Dan jika Anda menemukan yang demikian, saya persilakan Anda untuk sungkem kepadanya.

Introver itu tidak mudah melupakan, mereka menyimpannya apalagi suatu keburukan atau hal-hal yang menusuk hati. Mereka begitu rapuh. Di sisi lain, mereka juga dapat terlihat sangat baik-baik saja sekaligus terlihat seperti nyaman berada di antara suasana yang sejujurnya paling tidak membuatnya nyaman.

Intover itu tak dapat menilai orang lain. Jangankan menilai orang lain, menilai diri mereka sendiri saja mereka tak bisa. Mereka selalu menganggap diri mereka kecil. Meraka selalu menganggap mereka tak pantas mendapatkan hal ini dan hal itu.

Terakhir. Introver itu tidak butuh dikasihani, mereka butuh dimengerti.

Catatan Introvert

gambar nyolong di : asianwiki

Oh Beom Seok cemburu ama si Young Yi. Young Yi ini dapat tempat tinggal dan pekerjaan paruh waktu dari An Soo Ho, padahal Young Yi adalah anggota geng yang mukulin Soo Ho ampe semaput. Sementara Beom Seok mau ngelakuin sesuatu aja kadang musti bayar ke Soo Ho. Tapi itu karena Beom Seoknya aja yang baperan. Dia juga punya banyak masalah. Dia pindah ke sekolahan yang sekarang juga kan karena dibully sama temen-temennya. Dia juga sering dipukuli sama bapaknya yang anggota dewan tiap kali bikin masalah. Bapaknya itu bukan bapak asli Beom Seok, dia ngadopsi Beom Seok biar dikira orang baik—padahal mah, busuk banget.

Yeon Shi Eun udah ngeh kalau ada yang terjadi sama sohibnya, si Beom Seok ini. Secara dia juga punya orang tua yang gak becus ngurus dia jadi dia juga paham gimana rasanya. Belakangan Beom Seok juga malah lebih deket ke Jung Chan dan Tae Hoon. Mereka berdua ini adalah temennya si Young Bin sebelum dia pindah sehabis dipukulin ama Shi Eun karena terus ngeganggu dia. Young Bin nyuruh Beom Seok buat nempelin narkoba ke lehernya Shi Eun, Shi Eun jadi kek orang ngantuk dan dia sulit fokus sama pelajaran. Akibatnya soal-soal yang dia kerjakan jadi salah. Saat sadar ada narkoba di lehernya, Shi Eun langsung melepaskannya. Dia kemudian nampar pipinya sendiri beberapa kali ampe bikin seisi kelas melongo ngeliatin dia termasuk guru yang saat itu lagi ngajar. Shi Eun lalu noleh ke Beom Seok. Untungnya Beom Seok masih bisa ngomong jujur walau dia takut banget ama si Shi Eun yang lagi kerasukan setan ini. Shi Eun berjalan ke belakang, dia ngambil buku tebel dari meja temennya dan mukul Young Bin pake buku itu. Dihalangi oleh Tae Hoon, Shi Eun nusuk tangan Tae Hoon pake pulpen. Dia lalu nutup pala Young Bin pake gorden lalu lanjut mukulin Young Bin ampe Young Bin gak bisa gerak lagi. Maknya Young Bin mau ngaduin Shi Eun ke polisi tapi Shi Eun bawa tas Young Bin yang isinya narkoba. Dampaknya Young Bin kudu pindah sekolah.

Hubungan Soo Ho dan Beom Seok makin memanas, Beom Seok ampe nyewa orang buat gebukin Soo Ho. Soo Ho pernah kecelakaan karena rem motornya blong dan itu kelakuan Beom Seok. Beom Seok nyewa Woo Young yang pinter gelut dan mereka beneran gelut di ring tinju. Sebenarnya mereka imbang, tapi Tae Hoon main curang dengan ngejeglang kakinya Soo Ho ampe Soo Ho jatuh. Saat itulah Woo Young nyerang Soo Ho ampe Soo Ho gak bisa ngapa-ngapain lagi, bener-bener gak berdaya. Beom Seok naik ke ring diikuti Jung Chan dan Tae Hoon, mereka lalu nendang dan nginjek-nginjek Soo Ho ampe si Soo Ho ini gak bernapas. Mati? Intinya si Beom Seok ini bakal aman karena antek-antek bapaknya ngurus itu semua.

Drama ini cuma delapan episode dan tiap episodenya cuma sekitar empat puluh menitan. Drama ini mengajarkan kita untuk berani melawan ketidakadilan. Sayangnya melawannya langsung dengan tindakan, dengan kekerasan. Kalau ada yang ganggu, pukul ampe babak belur. Pukul ampe mohon ampun.

*fakta : Park Ji Hoon pemeran Yeon Shi Eun dalam drama ini dulunya member boy group Wanna One

Weak Hero Class

sumber gambar : asianwiki

Ha Min, kenapa lu bunuh diri?

Gini nih kalau jadi orang yang gak pinter+gaul, nonton drama Korea subtitle Inggris aja gak paham. Lol.

Lee Ha Min diam-diam dekat sama Han So Mang, mereka sering kedapatan berdua di dalam ruang seni. Ha Min punya duplikat kunci ruang seni itu, sementara So Mang mendapatkan previlage untuk mengakses ruang itu yang bakal dia gunakan buat melukis selama masa istirahat. Suatu kali, So Mang meminta Ha Min buat jadi model lukisannya. Ha Min mau walau dia kek ogah gitu. Si So Mang seneng dong, orang selama ini dia udah ngincer Ha Min. Mereka berdua memang sedekat itu tapi hubungan mereka dirahasiakan. Di luar ruangan seni, mereka cuma teman sekelas biasa.

Ha Min anaknya pinter, dia juga ketua kelas dan tampan jadi banyak cewek yang suka. Sebenarnya dia juga mudah bergaul, tapi lebih sering sendirian atau sama So Mang. Dia selalu kelihatan sedih kalau lagi sendiri. Pernah juga So Mang mergokin dia nangis di ruang seni.

Ha Min mulai nemu passionnya sendiri. Karena sering bareng-bareng sama So Mang, dia jadi suka tuh, sama dunia lukis juga. Dia juga melukis beberapa lukisan. Suatu waktu, maknya Ha Min lagi beres-beres di kamar anak sulungnya itu. Dia nemuin beberapa lukisan di laci dan langsung memungutnya lalu menemui Ha Min. Heh, ini apaan? Kok lu ngelukis? Inget ya, gue pengen lu jadi dokter. Lu fokus belajar aja, gak usah ada lukis-lukisan kek gini. Maknya lalu merobek lukisan itu dan hati Ha Min pun berserakan.

Lee Jaemin lagi jalan berdua sama temen ceweknya, Kang Seon Hee, dan gak sadar kalau abangnya, Lee Ha Min, ada di dekatnya dan mendengarkan semua perkataan adiknya ntu. Kalau bisa gue lebih baik gak punya abang, keberadaan abang gue bikin gue pressure banget. Ha Min langsung nangis waktu itu dan Seon Hee liat. Ha Min sendiri udah tertekan sejak awal. Dan dia sudah nunjukin tanda-tanda kalau dia udah gak betah hidup. Dia ngelukis cowok lagi duduk dan cowok itu bersayap. Beneran deh, lukisan itu kaya maknanya kuat banget tapi sedih. So Mang aja sampe binggung liat lukisan gebetannya. Ha Min smsan sama So Mang tapi So Mang harus meninggalkan percakapan dalam ponsel itu ketika maknya manggil dia. Akibatnya satu pesan dari Ha Min dihapus. Itulah saat paling So Mang sesali dalam hidupnya. Ha Min dan So Mang kepergok waktu lagi pelukan, siswa itu ngadu ke guru. Akibatnya Ha Min kudu pisah sama So Mang untuk beberapa bulan. Mereka gak pernah sama-sama lagi di ruang seni. Atap sekolahan, hujan lebat malam itu. Ha Min berdiri cukup lama. Kek mikir gitu, mati sekarang apa nanti ya? Wkwk. Si Anjir, mati buat bercanda. Yang pasti meski gak diliatin, waktu itulah Ha Min bunuh diri dan So Mang menyesal semenyesal-menyesalnya. Enam tahun kemudian dia bahkan kembali ke sekolahan buat jadi guru training. Dia punya misi sendiri buat ngejaga Jaemin.

Cerita ini gak cuma nyeritain keputusasaan Ha Min ama kisah cinta rahasianya sama So Mang doang kok, ada banyak kisah lain juga di sini. Sangat recommended buat mewek.

Season’s Of Blossom

sumber gambar : Instagram intm

Setelah Coco dan Michelle, Minggu kemarin giliran Trixie yang harus tereliminasi. Kalau Coco yang memang tidak ada basic sebagai model dan Michelle yang tidak menunjukkan perkembangannya sih, wajar. Tapi, ini Trixie lhoh. Jelas-jelas dia ini sudah model berpengalaman. Benar-benar ini juri-jurinya tidak pandang bulu.

Di cyrcle ketiga ini saya tertarik dengan Berlian, Monica dan Marella. Menurut saya mereka bertiga punya ciri khas sendiri. Kebetulan, Berlian juga sudah pernah jadi model of the week/model terbaik di pekan itu. Monica si sangar, tatapan matanya tajam. Kulit gelap bukan masalah, justru bikin dia jadi eksotis. Marella si tomboy. Akhir-akhir ini dia bisa cantik juga kok.

Model lain yang tak kalah menarik perhatian dan pasti dijagokan banyak orang adalah Iko. Bayangkan saja, dia bahkan sudah pernah mengikuti Asia’s Next Top Model meski gak juara. Saat Ayu Gani menanyai Iko ‘Kenapa kamu mau ikut kompetisi lagi?’, Iko menjawab dia cuma pengen jadi juara. Dia pernah kecelakaan waktu photoshot di pekan ketika Berlian menjadi MOTW. Lengan kanannya cedera sehingga dia harus dilarikan ke rumah sakit.

Saat ini saya memang belum punya model jagoan, banyak yang cantik dan bagus-bagus. Dan belum bisa move on dari si ibu peri, Faradina, juga dari cyrcle sebelumnya. Hehe.

Eliminasi yang Tidak Terduga

sumber gambar : asianwiki

Bener-bener nih ye, mau ngerubah takdir kek apapun juga takdir itu akan kejadian juga akhirnya. Kaya si Nam Hong Joo nih. Dia kan harusnya mengalami kecelakaan, seorang polisi meninggal dunia, trus dia dituduh sebagai pengemudinya dan berakhir bunuh diri karena gak ada orang yang percaya sama dia. Bahkan maknya juga meninggal karena melunasi biaya perawatan anak satu-satunya ntu. Kemudian beginilah yang terjadi. Polisi itu selamat, Hong Joo tetap kecelakaan tapi ditabrak oleh seorang jaksa bernama Jung Jae Chan. Belakangan, mereka akhirnya tahu bahwa mereka ni sebenarnya pernah ketemu saat remaja.

Jae Chan dan Hong Joo makin deket, bahkan lama-kelamaan mereka jadi pacaran. Jae Chan ngasih tahu kalau Yeo Beom, pengacara yang saat itu statusnya masih pacar Hong Joo bakalan nuduh dia sebagai supir dalam kecelakaan. Emang sebrengsek itu lhoh, si Yeo Beom. Akibatnya, Hong Joo minta putus dari Yeo Beom. Si Yeo Beom kaget dong. Lu minta putus dari gue pasti gara-gara Jae Chan, kan? tanya Yeo Beom. Ya, bener emang. Tapi, siapa sih yang mau pacaran sama orang kek Yeo Beom?

Kebrengsekan Yeo Beom ini terus berlanjut bahkan di episode akhir. Yeo Beom ngebunuh pembunuh berantai yang lebih dulu ngebunuh Hong Joo, walau Hong Joo kemudian idup lagi setelah melewati masa-masa koma. Yeo Beom disidang. Saat nyaris kalah, Yeo Beom ngerencanain buat kabur ke luar negeri. Choi Dam Dong yang ngeliat koper-koper besar di kursi belakang mobilnya Yeo Beom segera ngadu ke Shin Hee Min dan Kang Dae Hee selaku teman sefirmanya. Pak Choi juga sempet nemuin Yeo Beom dan dia bilang gini; Lu mau kemana lagi? Gak capek emang lari terus? Udah. Ini waktunya buat lu untuk nyerah. Anjirnya si Yeo Beom bukan nurut malah ngambil mobil dan nabrak Pak Choi ampe kapalanya pecah. Di sini Jae Chan langsung meluk Pak Choi dan Pak Choi bilang dia ngeliat kejadian matinya dirinya ini di dalam mimpi dan mikir Jae Chan mungkin gak bakalan percaya. Tentu aja si Jae Chan percaya, orang dia juga sering liat hal-hal yang bakal terjadi terutama sama Hong Joo di dalam mimpi kok. Yeah, just like the tittle of this drama.

Yang paling kasian sih kisahnya Han Woo Tak. Dia adalah petugas kepolisian yang dalam menjadi polisi itu boong. Dia sebenarnya buta warna dan suatu ketika ia harus mengakui itu dan akhirnya keluar dari kepolisian.

Drama ini bagus apalagi buat kalian yang suka genre fantasi.

While You’re Sleeping

Telkomsel baik tapi nanggung. 22GB buat main hape seharian, mau sampe matanya keluar juga gak bakalan abis. Paling banter juga cuma abis segiga doang. Kenapa gitu gak kasih waktu, minimal seminggulah. Yakin dah bakal abis itu 22GB.

Buat kalian yang pengan promo baik tapi nanggung ini, bisa kalian tebus di Telkomsel App dengan cara tukar 10 poin.

Tak Berdaya

Sumber gambar : Pixabay

Dulu waktu kecil sering sekali berangkat sholat Jumat lebih awal hanya karena ibumu bilang bahwa kamu mungkin akan mendapatkan unta jika duduk di baris pertama. Unta yang dimaksudkan di sini adalah pahala kurban unta. Ibumu juga bilang kamu akan dapat yang lain jika tidak bisa duduk di baris yang lain.

Beginilah urutannya;

Baris 1 : Unta
Baris 2 : Sapi
Baris 3 : Kambing/Domba

Kamu juga baru kali pertama itu dapat baris kedua, yang berarti kamu dapat sapi. Biasanya, kamu akan dapat baris ketiga. Kamu cukup awal datang. Tidak seperti teman-teman kamu yang seperti orang kota, mereka sengaja datang terlambat saat sholat Jumat hampir dimulai agar tidak lama, barangkali.
Kamu rindu masa-masa itu, masa di mana teman kamu masih sangat banyak.

Mendapatkan Sapi

Baru pertama kali ini ngikutin drama Korea dari awal sampai akhir. Ngerasain betapa enggak sabarnya nunggu tiap Minggu. Yah, meski cuma dua belas episode doang sih.

Bad Prosecutor, dibintangi D.O., member EXO yang baru saja selesai wajib militer, dan para pemain lainnya. Justru karena ada Mas Uco, panggilan akrab fans Indonesia, itulah kamu menonton drama ini.
Di drama ini Mas Uco memerankan seorang jaksa tengil bernama Jinjung. Kepiawaiannya sebagai seorang aktor sudah tidak diragukan lagi. Dia sudah sering membintangi drama juga film, meskipun kamu menjadikan Mas Uco bias, idola, karena karakter suaranya yang unik. Membayangkan suatu saat kamu bakal jadi penyanyi juga dan bisa berduet dengannya, siapa yang tahu.

Belakangan terungkap bahwa ayah jaksa Jinjung dibunuh oleh Seo Hyun Kyu, pemilik firma hukum yang ditakuti banyak orang penting. Ayah Jinjung ditabrak truk karena dia memiliki bukti rekaman saat Seo Hyun Kyu membunuh seseorang di bioskop. Nyesek banget mengetahui kenyataan ini tapi niat jaksa Jinjung untuk menjebloskan Seo Hyun Kyu ke penjara jadi makin mantap lagi.

Kim Tae Ho akhirnya mau bersaksi, dia mau mengatakan hal yang sebenarnya sejak Pak Jae Kyung tewas dibunuh Seo Hyun Kyu. Toh, dia juga sudah bukan siapa-siapa lagi. Padahal nih, saat Kim Tae Oh selesai bersaksi dan meninggalkan ruang persidangan, Oh Do Hwan yang niatnya masuk bawa bukti kongkrit untuk pembunuhan Pak Jae Kyung malah bawa sekalian tuh, Pak Jae Kyungnya dan si doi masih idup dong. Terperanjatlah Seo Hyun Kyu. Lhoh, gimana bisa? Gitu mungkin mikirnya. Perasaan dia udah gue bunuh.
Jae Kyung juga korban dari Seo Hyun Kyu. Anak dan istrinya dibunuh saat Jae Kyung nekat mau mengungkapkan satu kasus yang ada kaitannya dengan Seo Hyun Kyu. Pak Jae Kyung tidak hanya kehilangan anak dan istrinya, dia juga harus rela pindah kantor dan otomatis turun tahta.

Drama ini keren tapi masalahnya kurang banyak. Dari awal, drama ini cuma menampilkan masalah pembunuhan ceweknya Pak Lee, pembunuhan Pak Lee, tentang Tae Ho, anaknya Seo Hyun Kyu si Ji Han dan Seo Hyun Kyu itu sendiri. Eh, itu udah banyak belum sih? Wkwkwk.

Drama ini sangat bagus. Wajib banget buat ditonton buat kalian yang suka sama hukum dan aksi, apalagi rating di Korea sana juga bagus.

Katanya di drama ini mereka berdua reuni, tapi kamu malah gak tahu drama apa yang mereka bintangi sebelumnya.

Bad Prosecutor

Sebelum pengumuman naskah terpilih, penanggung jawab event sudah bilang kalau ada yang akan dimuat seluruhnya (20 puisi), ada yang cuma beberapa bahkan ada yang satu puisi saja. Di sini kamu benar-benar tidak menyangka bahwa yang dimuat seluruhnya itu adalah naskah milik kamu sendiri. Kamu bahkan yakin ada banyak naskah yang lebih bagus lagi selain milik kamu.

Event itu adalah event gabut imbas awal-awal kemunculan corona. Kamu diharuskan menulis puisi setiap hari selama dua puluh hari bertema religi.

Judul pada buku ini diambil dari puisi karya Syaiful Hadi dengan judul yang sama. Puisinya sangat bagus. Inti puisi itu adalah, orang akan datang pada Tuhan hanya ketika mereka butuh. Orang akan melupakan Tuhan saat keinginan mereka telah dikabulkan. Di sini Tuhan benar-benar seperti sampah. Padahal sebenarnya yang sampah itu adalah manusia itu sendiri, sampah itu adalah kita.

Selain menyukai puisi karya saya sendiri, di buku ini saya paling suka puisi-puisi karya MD Wahyana dan Syaiful Hadi.

Buku : Tuhan yang Tempat Sampah

Bulan lalu kamu dapat email. Katanya, puisi kamu dimuat di majalah online. Bulan ini puisi kamu juga dimuat di majalah online yang lain. Kamu kepingin berhenti menulis puisi, tapi kamu tidak bisa. Puisi itu pelarian sekaligus memusingkan. Puisi itu keindahan sekaligus ketidakindahan. Puisi itu apa sebenarnya? Banyak yang mengatakan puisi itu kebebasan. Jika memang puisi itu kebebasan, kenapa kamu harus sering-sering masuk koran hanya buat sebuah pujian yang bahkan kadang tak tulus? Mengapa kamu harus dapat uang dari puisi, baru kamu dianggap hebat? Kalau pengen uang, ya, kamu mending kerja saja, ngapain nulis puisi. Sumpah, kamu pasti rindu kan, nulis tanpa mengharapkan apapun tidak juga pujian. Kembali saja ke masa itu, apa susahnya? Penyair-penyair tua itu biar mewariskan jiwa penyairnya pada anak-cucunya saja. Toh, kamu juga tak pernah dirangkul oleh mereka.

Kepingin Berhenti Menulis Puisi Tapi…